Senin, 30 September 2013

Data dan Informasi

Mind Map


Rangkuman

        Menurut asalnya data berasal dari kata datum yang berarti fakta atau bahan keterangan. Dalam informasi, data adalah komponen awal yang menyusun informasi. Ketika data tersebut diolah menjadi suatu bahan yang berguna maka itulah yang disebut informasi.
        Pada komputer data akan disimpan dalam memori atau register. Untuk data digital dikodekan dalam kode biner. Kode ini biasa dikonversi dengan konsep basis dan sistem bilangan. Sistem bilangan basis ini mengunakan simbol r digit dan representasinya dengan menjumlahkan setiap digit yang sudah dikali dengan r^n . Jenis sistem bilangan diantara lain bilangan desimal radix 10 , bilangan biner radix 2, bilangan octal dengan simbol 0,1,2,3,4,5,6,7, bilagan hexadesimal  dengan simbol 0,1,2,3,4,5,6,7,A,B,C,D,E,F. Konvers antar  bilangan biner, oktal dan hexadecimal penting dalam computer karena masing-masing memiliki korespondensi. Misalnya satu digit oktal berkorespondensi dengan 3 bit biner . Selanjutnya yaitu satuan kapasitas data. Contohnya 1 byte sama dengan 8 bit, 1 kilo byte sama dengan 1024 byte dan seterusnya sampai 1 tera byte.
       Representasi data numerik yaitu setiap data memiliki tipenya masing-masing. Contohnya yaitu integer, unsigned integer, long integer, single, float, double, dll. Tipe tersebut akan disimpan dan diganakan sesuai fungsinya. Dalam ddunia pemrograman dan basis data pemilihan data ini sangat penting, namun ada juga software yang sudah mengatur pemilihan data tersebut sehingga pengguna tinggal memformatnya. Contoh representasi data numerik adalah data numerik integer pada MS.Acces memiliki kapasitas 1byte untuk menyimpan data bilangan bulat positif. Selain data numerik banyak aplikasi komputer yang menggunakan  alphabet yang disebut alfanumerik. Alfanumerik ini terdiri dari sepuluh digit desimal, 26 alfabet, dan karakter kusus seperti =,+, dan $. Alfanmerik ini memiliki standar lama dan baru. Standar lamanya yaitu ASCII dengan delapan bit untuk mengkode 256 karakter dan standar barunya yaitu kode Unicode yang menggunakan 16 bit untuk 65.536(2^16). Selain representasi data numerik ada juga representasi citra digital. Citra digital ini berwujud gambar yang memiliki pixel dan banyaknya pixel akan menentukan resolusi. Resolusi ini biasanya diwujudkan dalam dimensi panjang kali lebar atau banyaknya pixel. Salah satu citra digital adalah format bmp dimana 1pixel citra membutuhkan 24 bit(3 byte). Format lain dari citra digital yaitu jpg, gif, png, dsb. Format tersebut telah mengalami kompresi sehingga ukurannya lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar