Jumat, 27 September 2013

Workshop Optimasi MS.Word

Mind Map

Rangkuman


            Dalam optimasi MS.Word ada banyak hal yang dapat kita lakukan diantara lain yaitu membuat style, daftar isi, nomor halaman, cover, daftar gambar, cross reference, dan daftar pustaka.
Style adalah gabungan beberapa format untuk mengubah tampilan huruf biasanya untuk membuat sub bab. Langkah mambuat sub bab yaitu tab home, group style, styles dualog box launcher, klik new style, isi form dialog create new style. Untuk membuat daftar isi kita tentukan dulu judul bab, sub bab, dan sub sub bab lalu beru style heading untuk mempermudah. Ada dua cara untuk input daftar isi. Pertama yaitu Built-in Heading Styles. Inti cara ini ialah dengan blok bab dengan style heading 1 dan blok sub bab dengan heading 2. Kedua yaitu individual text entries. Langkahnya yaitu pilih teks yang ingin di set, klik tab reference, klik add pada table content, klik level yang diinginkan. Selanjutnya menampilkan daftar isi. Pertama buat halaman baru dengan judul daftar isi dan letakkan kursor dimana kita ingin membuat daftar isi, klik references, klik tombol table of content, pilih insert of contets, tekan option untuk merubah style, pilih format formal, lalu ok. Update daftar isi dengan klik tab references pada rebbon lalu klik update table. Cara menghapus dafter isi yaitu klik tab references pada rebbon, klik table of contents, klik remove table of content. Selanjutnya membuat nomor halaman, terdapat dua format nomor halaman yaitu dengan angka romawi dan angka standar. Untuk mebuat nomor halaman romawi yaitu klik insert, klik page number pada group menu header dan footer lalu pilih bottom of page kemudian pilih plan number 2. Untuk merubah angka standar menjadi romawi yaitu klik page number lalu pilih format page number, pada number format pilih i,ii,iii, lalu klik ok. Jika ingin halaman pendahuluan seterusnya menjadi angka standar dengan angka 1 tanpa merubah format maka yang harus dilakukan yaitu letakkan kursor sebelum tulisan pendahuluan, klik rennon layout dan klik breaks pada page setup, klik next page, lalu klik ganda pada footer, rebbon design, group menu navigation, non aktifkan tombol link to previous, kemudian hapus nomor halaman, pada rebbon design , group menu header dan footer, klik page number dan pilih format page number, pilih angka 1,2,3 pilih start at 1, klik ok. Selanjutnya cara membuat page border dan warna. Pertama yaitu klik tab page layoutb pada ribbon, pada group page background klik drop down menu page colors. Menuliskan informasi header yaitu klik tab insert, klik header and footer, lalu tentukan style. Untuk menambahkan halaman judul klik insert, klik cover pages, pilih stile dari cover page. Kemudian membuat judul pada gambar, pertama pilih gambar lalu klik kanan insert caption. Pada caption tuliskan nama gambar, pilih label yang diinginkan lalu atur posisi sesuai keinginan. Untuk membuat daftar gambar maka tempatkan kursor pada tempat yang diinginkan lalu pilih references lalu table of figures. Setelah itu buat reference list dan citacions dengan memilih style yang cocok.
Dalam mambuat tulisan kita juga perlu menambahkan catatan kaki, kutipan, dan daftar pustaka. Untuk membuat kutipan klik references, klik drop down box disamping style pada citacions  dan babliography group. Untuk memasukkan citacions klik references, insert citacions, klik new source, pilih the type of source, lengkapi create source form, klik show all biography fields, klik ok. Untuk memanage source klik references, klik manage source, lalu edit source. Lalu buat daftar pustaka dengan cara letakkan kursor di halaman yang diinginkan, klik references, klik bibliography, pilih insert bibliography. Untuk menambahkan footnote klik references, klik insert footnote.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar