Jumat, 27 September 2013

Workshop Wordpress

Mind Map


Rangkuman


       Wordpress adalah alat blogging online yang free dan open source serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Wordpress di mulai pada Agustus 2001 dan versi terakhirnya adalah 3.5.1.
            Manfaat blog diantara lain untuk mendokumentasikan suatu kejadian, belajar berkomunikasi dengan tulisan dan berbagi ilmu. Isi blog dapat berupa pengalaman, ide, opini, artikel, serta hobi. Ada pula etika dalam blogging yaitu jangan memposting hasil jiplakan dari orang lain, hindari sara dalam tulisan, hindari konten pornografi, lalu gunakan bahasa yang baik dan benar. Dalam blog juga ada istilah-istilah penting yaitu themes untuk mengubah layout, categories untuk mengkategorikan, tag untuk mempermudah pencarian artikel , widget sebagi program tambahan, plugin sebagai program tambahan, header sebagai tempat judul blog, dan tagline sebagai deskripsi blog secara singkat. Wordpress juga memiliki pilihan yang digunakan untuk memberikan pengaturan dan tampilan blog, diantara lain status post publish, status post visibility, manajemen post/page, moderasi comment, widget categories, default role.
Dalam dunia blogging ada istilah post dan page yang keduanya memiliki perbedaan. Post tampil urut waktu sedangkan page tampil tidak terbatas waktu(sesuai pengaturan), post dikelompokkan dalam tag dan categories sedangkan page hanya caregories. Link yang dimiliki post mencantumkan tanggal posting sedangkan page tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar