Senin, 07 Oktober 2013

Perangkat Keras

Mind Map

Rangkuman

         Definisi perangkat keras(hardware) adalah komponen-komponen nyata yang dapat dilihat dan disentuh pada komputer. Komponen tersebut memiliki fungsi sebagai pelengkap dan membantu kerja komputer.
         Berdasarkan fungsinya, hardware dibedakan menjadi lima jenis : alat input, alat proses, alat simpan, alat output, dan  periferal. Alat input adalah perangkat yang memasukkan data ke komputer. Alat tersebut diantara lain keyboard yang berwujud papan ketik dengan angka dan huruf, Mouse berfungsi untuk menunjuk atau menjalankan perintah yang tampak pada monitor, scanner berfungsi untuk memindai dokumen berupa gambar atau tulisan menjadi data digital, joystick (biasanya untuk memainkan game), trackball(memiliki fungsi seperti joystick), barcobe reader berfungsi untuk memindai barcode, mikrofon sebagai alat  untuk memasukkan data berupa suara, taouch screen digunakan untuk memasukkan data melalui sentuhan, kamera digital berfungsi untuk mengambil gambar yang dapat diproses di komputer, lalu kamera video yang berfungsi untuk merekam gambar gerak. Setelah input ada juga alat output yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang telah diproses komputer. Macam-macam alat output diantara lain adalah monitor, printer untuk mencetak hasil olahan data, proyektor LCD untuk menampilkan objek pada bidang atau layar, speaker,   Alat proses adalah komponen yang memproses perintah ada komputer. Pada komputer alat proses yang utama adalah processor yang biasa disebut otak komputer. Di dalam komputer juga ada RAM. Salah satu contoh fungsi RAM adalah saat kita mengcopy data. Data tersebut akan tersimpan sementara padda RAM sebelum diletakkan pada tempat yang diinginkan. Untuk meletakan processor dan RAM, di dalam komputer ada mainboard yang berfungsi untuk mengatur alat yang terpasang pada kompute. Untuk memproses tampilan pada layar monitor, komputer memiliki kartu VGA yang berfungsi mengatur tampilan pada komputer dan menghubungkan mainboard dengan monitor. Untuk mengolah suara, komputer mamiliki kartu suara yang dugunakan untuk mengatur kualitas suara yang dihasilkan komputer. Komputer juga memiliki alat menyimpan data seperti, hardisk, CD/DVD Room(tempat untuk membaca cakram CD/DVD), USB flashdisk, disket, dan optical disk(cakram CD/DVD).
          Dalam komputer ada yang disebut komponen pelengkap yang biasa disebut periferal. Komponen tersebut diantara lain kartu jaringa untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain, modem, hub berfungsi sebagai terminal jaringa komputer, UPS (uninterupter power supply) berfungsi untuk memberi cadangan listrik jiga listrik padam. Jadi, periferal ini adalah komponen tambahan yang tidak wajib ada pada komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar