Senin, 09 Desember 2013

E-commerce

Rangkuman

     Definisi e-commerce adalah semua bentuk perniagaan baik berupa barang atau jasa elektronik dengan memenfaatkan jaringan komputer. Tujuan e-commerce yaitu membangun konsep pasar yang juga digunakan sebagai pusat informasi d mengombinasikan pelayanan konvensional-dan virtual. Ada tiga jenis dari e-commerce yaitu business to consumer(pelanggan berhubungan langsung dengan produsen), businness to business(produsen ke produsen), consumer to consumer(dua individu dengan satu konsumen dan satu produsen). Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan business to consemer yaitu barang lebih murah, menghapus organisasi perantara dan dapat membandingkan harga atau kualitas. Kelebihan business to business yaitu produsen dapat merambah pasar global dan menawarkan keuntungan besar untuk negara berkembang, contohnya alibaba, manta, indoamart. Sedangkan kelebihan consumer to consumer yaitu mengurangi penggunaan halaman yang diklasifikasi kusus pada surat kabar untuk menjual barang pribadi.
    Model proses dalam e-commerce yaitu pencarian, identifikasi, seleksi, negosiasi, pembayaran, pengiriman, dan layanan after sales. E-commerce juga memiliki tantangan  ke depan yaitu mendefinisikan model e-commerce yang efektif dan strategis, merubah sistem distribusi lalu mengintegrasikan pemrosesan order berbasis web dan sistem tradisional. Dalam e-commerce dikenal sistem pembayaran elektronik seperti digital certificate, certificate authority, secure socket layer, electronic cash dan electronic wallet.
     Dalam prakteknya e-commerce juga memiliki ancaman seperti pencurian properti intelektual, paten, Phishing, penipuan pelelangan online, dan spam. Selain ancaman itu ada juga invasi terhadap privasi konsumen seperti online profiling, clickstream data, dan safe harbor principles. Secara umum kita dapat menyimpulkan kekurangan e-commerce yaitu resiko kebocoran data personal, membutuhkan keahlian komputer, kerugian karena penipuan, dan resiko gangguan pelayan. Namun e-commerce juga memiliki kelebihan seperti menurunkan biaya oprasional, menaikkan profit, melebarkan jangkauan pasar, lebih efisien waktu, tidak terbatas ruang dan waktu, keuntungan menjanjikan, dan meningkatkan produktifitas kerja. Hal yang perlu diperhatikan dalam proteksi saat online yaitu jangan memberitahukan informasi pribadi, baca kebijakan privasi suatu web, beli digital ID , hati-hati saat mengirim e-mail dalam online chat, dan update software browser yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar